082225311000
082225311000
082225311000
2B2A7BA6

Perbedaan Pria dan Wanita Dari Segi Seksualitas

Sabtu, Januari 28th 2017. | Anatomi Seksual

Para ahli mengatakan bahwa dorongan seks yang dimiliki pria dan wanita berbeda. Dan dalam kondisi seperti ini wanita lebih diunggulkan, karena wanita mempunyai dorongan seks yang lebih kuat dibandingkan dorongan seks yang dimiliki oleh pria. Namun pria juga mempunyai keunggulan pada sisi lain, yaitu proses peningkatan libido. Seorang pria mampu dengan mudah meningkatkan libidonya dibanding seorang wanita. Hal inilah yang membedakan pria dan wanita dari segi seksualitas.


Perbedaan pria dan wanita dari segi seksualitas bukan hanya dilihat dari kepiawaiannya dalam melakukan aktivitasnya diatas tempat tidur. Setiap harinya pria memproduksi sperma dan jika kondisi tersebut dibarengi dengan proses produksi hormon testosteron yang baik, maka gairah seksual pria akan selalu muncul setiap harinya. Namun hal ini tidak terjadi pada kaum wanita, mereka lebih dominan menunggu rangsangan yang dilakukan oleh pasangan prianya dan gairah seksual seorang wanita hanya akan muncul ketika sedang melakukan hubungan seksual. Kejadian ini hanyalah sebagian survei yang telah dilakukan. Namun, apakah survei ini sudah terbukti kebenarannya? Apakah kaum pria benar-benar memiliki dorongan atau gairah seksual yang lebih kuat dibandingkan dengan kaum wanita?

 

Bukan hanya survei saja yang dilakukan, namun para ahli mencoba melakukan penelitian demi penelitian untuk mengetahui apakah perbedaan pria dan wanita dari segi seksual hanya terletak pada perbedaanya gairah seksualnya saja. Memang benar, perbedaan pria dan wanita dari segi seksualitas terletak pada gairah atau dorongan seksualnya. Namun pernyataan bahwa dorongan seksual yang dimiliki pria lebih besar daripada wanita merupakan sebuah pernyataan yang keliru atau tidak benar. Secara biologis wanita lebih diunggulkan, karena wanita mempunyai gairah atau seksual yang sangat kuat, namun pada umunya wanita lebih menempatkan dirinya pada faktor sosial dan budaya, sehingga menjadikan dirinya bersikap tertutup tentang kehidupan seksualnya.


Edward O. Laumann adalah salah seorang profesor sosiologi dari University of Chicago, ia berkata “Keinginan seksual pada wanita sangat sensitif terhadap lingkungan dan konteks”. Setiap orang baik itu pria dan wanita memiliki norma-norma yang berbeda, dan berikut ini saya jelaskan mengenai pola atau perbedaan pria dan wanita dari segi seksualitas.

Pria selalu berpikir lebih mengenai kehidupan seksualnya
Menurut Edward O. Laumann, mayoritas pria di bawah usia 60 tahun lebih cenderung memikirkan kehidupan seksualnya dan bagi wanita, hanya seperempat dari kaum mereka yang memikirkan kehidupan seksualnya.

Dan hal ini juga dibuktikan dalam sebuah survei dari studi yang membandingkan pria dan wanita dari segi seksualitas. Roy Baumeister yang merupakan seorang psikolog sosial di Florida State University melaporkan bahwa “gairah seksual yang dimiliki pria lebih spontan dan bahkan kaum pria mampunyai beragam fantasi dalam kehidupan seksualnya”

Pola pikir seorang pria lebih cenderung mengarah pada seks
Sekitar 2/3 dari pria mengatakn bahwa ia selalu melakukan masturbasi setiap harinya, meskipun hal tersebut tidak baik bagi kesehatan seksualnya. Namun setengah dari kaum pria juga mengatakan bahwa mereka merasa menyesal ketika melakukan masturbasi, karena sangat memperhatikan kesehatan seksualnya. Namun Edward O. Laumann juga mempunyai kesimpulan lainnya, sekitar 40% dari wanita mengatakan, bahwa mereka juga melakukan masturbasi, namun frekuensi masturbasi mereka lebih kecil dibandingkan dengan pria.


Hal inilah yang menjadi perbedaan pria dan wanita dari segi seksualitas, oleh sebab itu dalam menjalani suatu kehidupan seksual setidaknya setiap pasangan harus bisa saling memberikan perhatian, sehingga mendapatkan kehidupan seksual sesuai dengan apa yang ia inginkan. Beberapa gangguan seksual terkadang juga menjadi penghambat untuk mendapatkan kehidupan seksual yang lebih baik.

Artikel lain Perbedaan Pria dan Wanita Dari Segi Seksualitas