082225311000
082225311000
082225311000
2B2A7BA6

Kesehatan Penis

Minggu, Januari 29th 2017. | Tentang Penis

Nyeri penis merupakan masalah yang tidak diinginkan, dan sayangnya semua itu telah dialami oleh kebanyakan pria. Dalam kebanyakan kasus, penyebabnya ringan dan dapat ditangani melalui pengobatan rawat jalan, atau bahkan di rumah. Untuk pria mengalami nyeri di daerah pinggul, penting untuk menentukan penyebabnya. Seorang profesional medis terbaik memenuhi syarat untuk menjawab pertanyaan apapun.

Namun, sedikit pengetahuan terlebih dahulu tentang penyebab potensial dan bagaimana untuk mengatasi masalah kesehatan penis secara umum dapat sangat berharga dalam membantu dokter mengembangkan diagnosis. Beberapa masalah penis yang paling umum dijelaskan di sini, yaitu:

1. Balanitis

 

Kondisi ini terjadi terutama pada pria disunat dan ditandai dengan pembengkakan kulup atau glans penis, gatal, nyeri, dan keluarnya cairan kekuningan atau kehijauan. Balanitis adalah infeksi yang sering terjadi sebagai akibat dari kebersihan yang tidak memadai. Menjaga daerah bersih sangat penting, terutama dalam hal membersihkan smegma dari bawah kulup.

2. Gesekan / iritasi

 

Penis bisa terkena gesekan kasar ketika di gosok antara kain dan kulit, belum lagi pembersih yang keras dan pelumas. Semua gesekan ini dapat membuat air mata mikroskopis di permukaan kulit.

3. Phimosis

 

Phimosis terjadi paling sering pada pria yang lebih muda, namun pria tua juga bisa mengalami hal itu. Hal ini mengacu pada suatu kondisi di mana kulup tidak dapat ditarik kembali atas kelenjar tanpa rasa sakit, baik karena pembukaan terlalu kecil atau karena adanya jaringan parut di bagian dalam kulup.

4. Dampak cedera

 

Memar pukulan ke daerah panggul dampak selama olahraga atau kecelakaan, atau bahkan mencabut atau mendorong semabarangan saat berhubungan seks, dapat menyebabkan memar dan sakit.

5. Infeksi jamur

 

Setiap orang, termasuk pria dan wanita, memiliki sejumlah spora jamur yang hidup pada permukaan kulit. Ini umumnya tidak berbahaya, tetapi di bawah beberapa kondisi, mereka bisa masuk ke tahap pertumbuhan yang cepat, menyebabkan gatal, terbakar, bengkak dan keputihan.

6. Infeksi Saluran Kemih

 

Infeksi saluran kemih atau kandung kemih bisa menyebabkan sensasi terbakar atau nyeri pada uretra, dan rasa sakit sering bisa merasakan seluruh batang penis.

Mencegah nyeri penis

Kebanyakan pria akan mengalami beberapa masalah nyeri penis dari waktu ke waktu, dan tidak ada solusi ajaib untuk mencegah semua jenis penyakit atau cedera yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada jaringan penis halus. Di sisi lain, berikut beberapa panduan sehat dapat mengurangi risiko dalam banyak kasus, sehingga layak mengikuti panduan ini untuk perawatan penis, seperti:

1. Menggunakan kondom. Kecuali seorang pria dalam berkomitmen, hubungan monogami dan tidak bergantung pada perlindungan penghalang untuk pengendalian kelahiran, tidak ada alasan untuk menggunakan kondom selama kontak intim. Sebuah kondom tidak hanya dapat melindungi terhadap penyakit, tapi juga mengurangi jumlah gesekan, sehingga meminimalkan risiko gesekan atau merobek lapisan kulit terluar.

2. Bicarakan dengan dokter tentang masalah yang sedang berlangsung dengan kulup. Pria yang memiliki masalah kronis dengan phimosis atau nyeri kulup lain mungkin mempertimbangkan operasi atau alternatif lain. Seorang dokter dapat menjadi sumber terbaik untuk memberikan pilihan pengobatan.

3. Santai saat berhubungan dengan pasangan. Masturbasi yang terlalu kasar dapat merusak jaringan penis, dan gerakan tiba-tiba atau kuat dengan pasangan juga dapat menyebabkan cedera. Pria harus mengurus diri sendiri selama kegiatan intim, dan mereka harus meminta pasangannya melakukan hal yang sama.

4. Membersihkan daerah penis secara menyeluruh dengan pembersih non-alergi. Penis, dan terutama daerah di bawah kulup, bisa menjadi surga bagi bakteri, spora jamur dan sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan gesekan, iritasi dan infeksi. Lembut mencuci daerah setidaknya sekali sehari dapat membantu untuk menghilangkan zat yang dapat meningkatkan nyeri penis. Pembersihan lembut disarankan untuk menghindari iritasi tambahan untuk kulit.

Artikel lain Kesehatan Penis